Pariwisata

Demi Devisa, Pemerintah Genjot Pembangunan Infrastruktur di Lima Destinasi Wisata Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com –¬†Pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur konektivitas di 5 destinasi wisata super prioritas, yakni Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, Borobudur dan Likupang. Hal ini dilakukan agar sektor pariwisata bisa menjadi penyokong devisa terbesar Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan hingga saat ini sektor penyumbang devisa paling besar masih dikuasai oleh kelapa sawit.

“Oleh karenanya, potensi pariwisata Indonesia yang indah harus bisa diintensifikasi dengan baik. Saya yakin 5 tahun ke depan pariwisata Indonesia bisa menjadi unggulan,” ujarnya dalam Forum Perhubungan,¬†Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Meskipun fokus pembangunan nasional 5 tahun ke depan adalah sumber daya manusia (SDM), sektor infrastruktur masih diberikan porsi yang besar karena infrastruktur merupakan tulang punggung pembangunan nasional.

“Kami diberikan tugas dan porsi untuk menyelesaikan konektivitas sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Menhub Budi juga meminta Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) mendukung visi dan misi dari Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan konektivitas nasional. Menurutnya, transportasi udara memiliki keunggulan dapat menjangkau hingga daerah terluar sehingga dapat meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia.
“Kami harap para anggota INACA dapat berpartisipasi mendukung konektivitas seperti di 5 destinasi super prioritas yaitu Joglosemar, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado, dengan memberikan layanan penerbangan baik berjadwal maupun tidak berjadwal,” kata Budi Rapat Umum Anggota INACA di Jakarta, melalui keterangan resminya.
Dia mengatakan, dengan semakin meningkatnya konektivitas di Destinasi Wisata 5 Bali Baru tersebut dapat mendatangkan banyak turis baik mancanegara maupun dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan daya saing ekonomi dan pariwisata Indonesia.

“Saat ini penerimaan devisa dari pariwisata berada di nomor 2. Ke depan devisa dari pariwisata menjadi nomor 1. Pemerintah akan mengeluarkan banyak biaya untuk membangun infrastruktur yang ada di kelima daerah tersebut dan saya harap INACA dapat mendukung pelayanan transportasi udara,” imbuhnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close