GadgetGameTeknologi

Demam Pokemon, Berkah Untuk Nintendo


Jakarta (SenayanPost.com) – Hampir seluruh dunia tengah ‘tersihir’ dengan permainan Augmented Reality (AR) Pokemon Go. Game yang baru diluncurkan sekitar satu bulan lalu ini telah diunduh di lebih dari 100 juta smartphone di seluruh dunia. Angka yang fantastis ini telah melewati jumlah download pada berbagai aplikasi ternama seperti Snapchat, Whatsapp, dan Instagram. Demam Pokemon yang sedang mewabah ini menjadi berkah bagi perusahaan yang berada di belakang game ini, termasuk perusahaan asal Jepang yaitu Nintendo.
Nintendo mengulang sukses bersama Pocket Monster yang sempat menjadi fenomena pada tahun 1990’an. Bekerja sama dengan Game Freak mereka membuat Game Pokemon yang dapat dimainkan pada platform Game Boy kala itu. Awal Juli 2016 ini menjadi awal cerita terulangnya kesuksesan Nintendo meraih pundi-pundi uang melalui Pokemon Go yang dimainkan melalui smartphone.
Pada selasa (19/7) Bloomberg mencatat nilai perusahaan Nintendo melonjak dari US$ 20 miliar menjadi US$ 39 miliar, melebihi perusahaan yang satu Negara dengan mereka, Sony. Saham Nintendo banyak diburu oleh para investor, dilansir oleh AppInstitute dalam waktu satu menit Pokemon Go dapat menghasilkan US$ 11 ribu atau setara dengan Rp 143 juta. Namun pada awal Agustus ini terjadi penurunan nilai saham Nintendo, dikarenakan berkurangnya popularitas Pokemon Go yang saat ini harus puas berada pada peringkat keempat dalam urutan Apps Store di Negeri Sakura.
Penurunan ini agaknya disebabkan oleh update yang dibuat oleh Niantic selaku pengembang Pokemon Go. Fitur jejak kaki yang sejatinya menjadi tolak ukur untuk mencari Pokemon dihilangkan sehingga pemain merasa kesulitan mencari Pokemon yang diinginkan. Isu Bot dan GPS Hacking juga menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan John Hanke guna mendapatkan kembali posisi puncak untuk Game yang telah ia kembangkan sejak dua puluh tahun lalu.
Berawal dari April Fools
Mungkin belum banyak penikmat Pokemon Go yang mengetahui asal usul terciptanya permainan ini. April Fools Day 2014 menjadi cikal bakal terciptanya Pokemon Go. Saat itu Google dan Pokemon Company membuat Google Maps Pokemon Challenge, menayangkan Pokemon Master dan meminta orang untuk menangkap Pokemon.
Demam Pokemon, Berkah Untuk Nintendo
Demam Pokemon, Berkah Untuk Nintendo
Iklan ini selanjutnya menginspirasi John Hanke untuk membuat Pokemon Go. Hanke sendiri merupakan pembuat aplikasi Keyhole, sebuah aplikasi yang mengintegrasikan GPS dengan peta permukaan di dunia. Keyhole sendiri merupakan bibit dari terciptanya Google Earth yang terkenal hingga sekarang. (ZSR)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close