Nasional

Dekranas Dorong Pengembangan UMKM

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM serta Tim Penggerak PKK mendorong pengembangan UMKM di Kalimantan Utara (Kaltara).

Ketua Umum Dekranas Hj Mufidah Jusuf Kalla membuka acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK yang digelar di Tarakan, Kamis (24/1/2019).

Mufidah Kalla mengatakan, industri lokal tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro, kecil, sampai menengah dan berbagai kendala masih dihadapi terutama dalam hal permodalan, pemasaran, teknik produksi, dan lain-lain.

“Sementara itu persaingan di pasar global semakin ketat sehingga diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para perajin lebih giat agar dapat bersaing. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan SDM untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasaran,” kata Mufidah.

Oleh karena itu ia menyambut baik penyelenggaraan kegiatan sinergi kegiatan itu dalam upaya meningkatkan wawasan UKM dan perajin.

Ia menambahkan, Dekranas sebagai mitra pemerintah telah melakukan berbagai program dalam membina dan mengembangkan UKM melalui sinergi dengan kementerian terkait.

“Selanjutnya Dekranasda yang melaksanakan kegiatan-kegiatannya demi pengembangannya hal ini sangat penting mengingat potensi kerajinan di Kaltara sangat besar seperti anyaman, tenun, dan lain-lain. Saya kira anyaman sudah bagus,” katanya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu melakukan pelatihan-pelatihan khusus yaitu di bidang desain karena menurut dia tren desain sangat cepat berubah sehingga peningkatan kreativitas inovasi harus tetap dilakukan namun tetap memperhatikan identitas lokal agar warisan budaya tetap harmonis dengan kekinian yang terus terjadi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close