Lintas Daerah

Dedi Mulyadi Menggagas Sunda Jazz Festival Internasional

PURWAKARTA, SENAYANPOST.com – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi akan menggagas kegiatan “Sunda Jazz Festival Internasional” sebagai upaya mengembangkan alat musik Sunda.

“Event Sunda Jazz Festival ini bisa menjadi momentum kebangkitan alat musik Sunda di dunia internasional,” katanya, dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta, Sabtu (21/4/2018).

Seperti diwartakan Antara, gagasan “Sunda Jazz Festival Internasional” tersebut disampaikan Dedi seiring dengan perhatiannya terhadap perkembangan alat musik Sunda, terutama tarompet.

Menurut dia, alat musik tersebut dapat dimainkan pada acara Sunda Jazz Festival Internasional yang akan dia gagas.

Tarompet atau terompet merupakan jenis alat musik ini biasa digunakan dalam pagelaran seni pencak silat padungdung, yakni seni pencak silat yang berorientasi terhadap keindahan gerak dan ritmik, bukan duel tarung.

Ia menyatakan, tarompet memiliki potensi untuk setara dengan alat musik saxophone dari segi pengenalan.

Meskipun, cara memainkan tarompet relatif lebih sulit dari saxophone, karena tangga nada yang digunakan berbeda.

“Kalau kita serius, pengenalan tarompet bisa lebih tinggi dari saxophone. Biasanya, kalau ada alat musik yang agak sulit dimainkan, orang akan merasa tertantang dan tertarik. Sisi ini yang kita coba garap di event internasional,” kata dia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close