Debat Cawapres AS, Hari Ini Mike Pence Hadapi Kamala Harris

Debat Cawapres AS, Hari Ini Mike Pence Hadapi Kamala Harris
Kamala Harris dan Mike Pence

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Hari Kamis (8/10/2020) WIB ini, Senator Kamala Harris dan Mike Pence akan bertemu dalam debat calon Wakil Presiden Amerika Serikat (AS).

Debat dijadwalkan akan berlangsung selama 90 menit tanpa jeda iklan dan akan dibagi menjadi sembilan segmen. Masing-masing segmen kira-kira berdurasi sepuluh menit. 

Susan Page, Kepala Biro USA Today Washington akan memoderatori debat tersebut.

Page akan memimpin debat antara Harris dan Pence. Kedua pihak diberi kesempatan untuk memberi pemaparan terkait topik-topik tersebut.

Untuk debat ini, Pence telah berlatih dengan Pam Bondi, mantan Jaksa Agung Florida yang memainkan peran sebagai Harris. Sementara Harris telah berlatih dengan Pete Buttigueg, sesame anggota Demokrat yang berperan sebagai Pence.

Komisi pemilu membuat sejumlah penyesuaian menyusul kabar bahwa Presiden Donald Trump dan sejumlah orang terdekatnya terinfeksi virus corona. Sejumlah penyesuaian itu termasuk keharusan penggunaan masker bagi orang di dalam aula hingga jarak antara Harris dan Pence di atas panggung.

Kedua kandidat akan dipisahkan sejauh 3,6 meter di atas panggung. Meja Harris dan Page akan dilengkapi sekat kaca pleksiglas untuk mencegah penularan virus corona. Sementara Pence menolak penggunaan sekat tersebut dan meminta mejanya tidak diberi sekat.

Kepala staf Pence, Marc Short mengatakan pihaknya belum mendapat bukti medis efektifitas penggunaan pleksiglas sehingga menolak menggunakannya saat debat cawapres.

"Kami belum mendengar bukti medis untuk apa pleksiglas itu," kata Short kepada CNN.

Selain kandidat, penyelenggara debat mewajibkan semua orang yang berada di dalam aula untuk menggunakan masker. (Jo)