Politik

Debat Capres, Jokowi Siap Ditanya soal HTI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Debat keempat calon presiden akan digelar kembali malam ini, Sabtu (30/3/2019). Tema yang akan diangkat salah satunya tentang ideologi. Capres petahana Joko Widodo siap ditanya capres rival Prabowo Subianto terkait keputusan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Jokowi juga siap menjelaskan kalau soal HTI dipertanyakan. “Ya kita jawab nanti. (Data) Ya itu sudah harian yang kita kerjakan,” kata Jokowi usai makan siang dengan keluarganya di Restoran Garuda, Sabang, Menteng, Jakarta, Sabtu.

Seperti pada debat kedua lalu, Jokowi menggunakan waktu bersama keluarga. Selain istri, eks gubernur DKI ini juga berkumpul dengan anak, menantu, dan cucunya.

Pada siang ini, Jokowi memilih santap siang di Restoran Garuda Sabang. Hadir mendampingi, Ibu Negara Iriana, Kahiyang Ayu, Bobby Nasution, dan cucunya Sedah Mirah.

“Ini kan enggak pernah ketemu, baru ketemu siang ini, ya pas waktunya longgar saya ajak makan siang,” kata Jokowi.

Terkait pembubaran HTI, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 2 Tahun 2017.

Perppu itu kemudian disetujui DPR, sekaligus mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Menindaklanjuti peraturan itu, maka status badan hukum HTI dicabut.

Hal ini merujuk Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 Tahun 2017 tentang pencabutan Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor AHU-0028.60.10.2014 tentang pengesahan pendirian badan hukum perkumpulan HTI.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close