FeaturesInternasionalTokoh

Debat Capres AS: Hillary Sudah Siap, Trump Belum Bersikap

Washington DC (SenayanPost.Com) – Sejak September 2015, jadwal, waktu dan tempat pelaksanaan debat kandidat presiden Amerika Serikat (AS) telah ditetapkan dan diumumkan oleh Komisi Debat Independen.
Jadwal debat adalah 26 September di Hofstra University, New York; 9 Oktober di Washington University, St. Louis dan 19 Oktober di University of Nevada, Las Vegas.
Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton menegaskan dirinya akan mengikuti ketiga debat calon presiden yang telah dijadwalkan. Dia menantang Donald Trump, kandidat presiden dari Partai Republik, untuk melakukan hal yang sama.
“Hillary Clinton tak sabar, untuk berpartisipasi di semua tiga debat calon presiden, yang digelar oleh Komisi Debat Independen,” kata ketua tim kampanye Clinton, John Podesta, dalam pernyataannya Senin (8/8/2016) malam waktu setempat atau Selasa (9/8/2016) WIB.
John menyesalkan tindakan tim kampanye Trump yang dinilainya telah melakukan manuver bohong soal debat ini. Pihak Trump menuduh Clinton dan Partai Demokrat bermain curang dalam penentuan jadwal debat, dengan memilih malam yang berbarengan dengan dua laga besar NFL atau liga futbol Amerika Serikat.
“Belum jelas apakah dia berusaha menghindari debat, atau cuma memperalat media demi menambah drama. Apa pun penyebabnya, tim kampanye kami tidak tertarik berdebat tentang debat, atau melakukan tawar menawar,” ungkap John Podesta memberikan tanggapan.
Pada bulan Juli, dalam wawancara dengan stasiun televisi ABC News, Trump ditanya apakah dia bisa menerima jadwal debat yang telah ditetapkan oleh Komisi Debat Independen tersebut.
“Saya katakan ke Anda saya tidak suka ini, karena bertabrakan dengan dua pertandingan NFL,” jawab Trump.
“Saya menerima surat dari NFL yang menyebutkan ‘ini menggelikan’. Kenapa debat itu bentrok — padahal NFL tidak mau bentrok dengan jadwal debat. Karena debat ini nanti akan sangat masif, sejauh yang saya tahu,”  imbuh Trump.
Namun juru bicara NFL belakangan membantah, ada surat untuk Trump terkait hal itu. (Ant)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close