Lintas Daerah

Debat Cagub Jatim, 1.000 Polisi Disiagakan

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Tahapan Pilgub Jatim sudah memasuki debat publik para calon cagug dan cawagub Jatim. Sebanyak seribu personel dari Polrestabes Surabaya siap mengamankan debat publik bagi dua pasangan calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim).

Debat publik bagi masing-masing pasangan calon gubernur di Pilkada Jatim 2018 ini merupakan yang pertama kalinya digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) provisi setempat, yang dijadwalkan berlangsung di Dyandra Convention Center, Jalan Basuk Rahmat Surabaya, Selasa 10 April 2018.

“Kami terjunkan 1.000 personel, atau setara dengan sepertiga pasukan yang dimiliki Polrestabes Surabaya,” ujar Kepala Polrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan kepada wartawan, Senin (9/4/2018).

Kapolrestabes mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Jatim terkait mekanisme pelaksanaan debat publik Pilkada Jatim 2018.

“Sudah kami koordinasikan dengan KPU Jatim terkait siapa saja, serta jumlah peserta yang diundang, selain juga alokasi waktu pelaksanaan debat,” katanya.

Dari hasil koordinasi tersebut, lanjut dia, Polrestabes Surabaya telah menganalisa berapa kebutuhan personel dan penempatannya, serta peralatan pengamanan yang dibutuhkan, semisal alat bantu kendaraan dan lain sebagainya.

“Pengamanan mulai kami gelar di lokasi debat sejak pagi sampai selesai acara,” ujarnya.

Selain itu Kombes Pol Rudi Setiawan menambahkan, akan ada jam-jam prioritas pengamanan, yaitu dua jam sebelum berlangsungnya debat publik dan satu jam seusai debat publik.

“Tentu sudah kami siapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi jika situasi di sekitar lokasi debat terjadi kemacetan,” ucapnya.

Pilkada Jatim 2018 diikuti oleh dua pasangan calon yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni mendatang. Pasangan nomor urut 1 adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak yang diusung koalisi partai Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP dan PAN. Sedangkan pasangan nomor urut 2 adalah Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close