Lintas Daerah

Daya Saing Lampung Naik

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Asian Competitiveness Institute (ACI) menyampaikan, pada 2015 peringkat daya saing Provinsi Lampung berada di posisi 25. Kemudian, 2017 peringkatnya naik hingga level 14, dan 2018 ini daya saing Provinsi Lampung telah mencapai posisi 11.

“Konsepsi daya saing ini dilihat dari empat indikator yakni Stabilitas Ekonomi Makro (SEM), Pemerintah dan Institusi Publik (PIP), Kondisi Finansial, Bisnis dan Tenaga Kerja (KBFT) dan Kualitas Hidup dan Perkembangan Infrastruktur (KHPI),” terang Deputi Direktur Asian Competitiveness Institute (ACI) National University of Singapore, Mulya Amri, Jumat (4/5/2018).

Pemprov Lampung melalui Balitbangda telah membangun kerjasama dengan ACI untuk mendukung pencapaian daya saing Provinsi Lampung, dengan dengan 100 indikator yang menjadi acuan riset.

Ia menyebutkan, pengukuran daya saing yang dilakukan oleh ACI dapat digunakan sebagai rekomendasi berupa indikator-indikator pembangunan serta target-targetnya untuk RPJMD Provinsi Lampung tahun 2019-2024.

“Juga untuk untuk mengetahui posisi daya saing Lampung terhadap provinsi lain di Indonesia serta menjadi acuan bagi investor untuk melakukan investasi,” jelasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close