Lintas DaerahNasional

Data Warga Jatim Pasca Rusuh, Gubernur Khofifah Kirim Tim Gabungan ke Wamena

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Peduli dengan keselamatan dan keberadaan warga Jatim yang berada di Papua, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tim gabungan dari BPBD, Dinas Sosial, dan Bakesbangpol Jatim mulai bergerak ke Papua untuk mendata warga Jatim di Wamena.

“Ada titik di Sentani ada titik di Wamena. Tim dari BPBD, Dinas Sosial, dan Bakesbangpol (Jatim) sudah bergerak ke Papua,” kata Gubernur Jatim Khofifah, Senin (30/9/2019).

Sejak Senin (23/9/2019) lalu kerusuhan akibat konflik sosial dan kabar bohong pecah di Wamena. Sejumlah korban berjatuhan sehingga terjadi eksodus besar-besaran.

Hari Minggu (29/9/2019), 40 warga Jatim yang mengungsi dari Wamena dipulangkan ke daerah masing-masing. Mereka sempat transit si Asrama Transito Disnakertrans Jatim.

“Sejak Minggu (29/9/2019) memang sudah ada yang datang. Baik dari Semarang maupun dari Makassar turun Juanda (Surabaya). Kami ingin komunikasikan ke mereka (pengungsi asal Jatim), jika ingin balik silahkan,” ujar Khofifah.

Gubernur Khofifah mengaku sudah berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub agar menyiapkan armada laut. Kemarin, kata dia, juga sudah ada dua Hercules dari Malang ke Wamena.

“Kalau mereka ingin pulang kami siapkan itu. Apakah mereka akan kembali, mengambil posisi kerja di mana setelah mereka pulang, nanti akan kami komunikasikan kembali,” katanya.

Pemprov Jatim sebenarnya sudah punya data jumlah warga Jatim pengungsi Wamena. Asosiasi masyarakat Jawa-Madura di Sentani, Ibukota Kabupaten Jayapura, Papua, terus mengirim data.

“Jadi kami update terus tentang kondisi mereka di sana. Tapi soal jumlahnya, sebaiknya saya sampaikan nanti kalau sudah terverifikasi. Kami juga punya grup WA untuk update-nya,” ujarnya.

Kepada Asosiasi Masyarakat Jawa-Madura di Sentani, Gubernur Khofifah sudah sampaikan bahwa Pemprov sedang menyiapkan transportasi yang bisa membawa penumpang dalam jumlah besar dan cepat.

Gubernur Khofifah juga sudah memastikan, sejumlah warga Jatim di Wamena saat ini sudah dalam posisi aman di sejumlah titik. Baik di Makorem Jayapura, Makodim di Sentani, dan Masjid Al Aqsa.

Dermaganya di sana ada di Jayapura, saya tadi masih komunikasi tim di Wamena bersama danrem di makorem posisinya aman, di Sentani ada di makodim juga ada di masjid Al Aqsa.

Ketua DPRD Jatim Kusnadi mengatakan, Pemprov Jatim menunggu perintah dari Pemerintah Pusat. Penyelesaian masalah yang mengakibatkan kerusuhan di Wamena juga wewenang pemerintah pusat.

“Kalau memang nanti dibutuhkan, mereka yang sedang mengungsi membutuhkan bahan makanan atau bahan-bahan yang lain, ya, kita sebagai sesama warga Indonesia akan membantu,” ujarnya. (AR)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close