Teknologi

Data Pribadi Penumpang Malindo Air Bocor, Pemerintah Surati Amazon

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) bertindak cepat dalam kasus kebocoran data penumpang anak usaha Lion Air. Menkominfo Rudiantara mengatakan telah mengirimkan surat ke Amazon.

“Sejak Tengah malam kami sudah komunikasi dengan AWS (Amazon Web Service) dan surat sudah kami kirim ke AWS, menanyakan proses (breach) yang terjadi,” ujar Rudiantara.

Rudiantara menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya dan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti.

“Secepatnya Kominfo juga akan mengundang Lion Group pada minggu ini untuk menelusuri proses yang terjadi,” ungkapnya.

Kasus kebocoran data Malindo Air dan Thai Lion Air diungkap oleh blog teknologi BleepingComputer. Data tersebut bocor di sebuah forum online dalam sebulan terakhir.

Data yang bocor berada dari dua database, pertama berisi 21 juta dan lainnya berisi 14 juta. Data ini tersimpan dalam file backup yang dibuat Mei 2019 untuk Malindo Air dan Thai Lion Air.

Data Penumpang Anak Lion Air Bocor, Rudiantara Surati AmazonFoto: Ilustrasi pesawat Malindo Air (Facebook/Malindo Air via Detik Travel)

Data tersebut tersimpan dalam sebuah penyimpanan virtual Amazon Web Service yang dibuka lewat web. Data yang bocor berupa KTP, data reservasi, alamat, nomor telepon, email, nama, tanggal lahir, nomor paspor dan tanggal kadaluarsa paspor.

Malindo Air dalam keterangan resminya mengakui adanya kemungkinan data pribadi penumpang yang tersimpan (hosted on) cloud telah disalahgunakan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab.

Malindo Air mengatakan tim internal Malindo Air bersama penyedia layanan data eksternal, Amazon Web Services (AWS) dan GoQuo sebagai mitra e-commerce saat ini sedang menyelidiki atas hal tersebut.

“Malindo Air juga bekerja sama dengan konsultan cybercrime independen, melaporkan kejadian ini dan untuk proses penyelidikan,” ujar Malindo Air

“Untuk tindakan pencegahan, Malindo Air menghimbau dan menyarankan kepada seluruh penumpang atau pelanggan yang memiliki akun Malindo Miles segera mengubah kata sandi (to change their passwords) jika kata sandi digunakan sama pada layanan yang lain secara online,” ujarnya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close