Ekonomi

Dapat Pendanaan Bunga Ringan, KUMKM Harus Genjot Usaha

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) mengucurkan bunga ringan kepada pelaku UMKM di Tanah Air.

Dengan pemberian bunga ringan ini diharapkan pelaku usaha berbasis koperasi dan UMKM dapat meningkatkan skala usahanya sehingga bisa berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dengan bunga yang murah pemerintah berharap usaha mereka harus mampu lebih besar lagi, daripada mereka dapatkan dana dari lembaga perbankan lain karena bisa di atas 15 persen,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/11/2018).

Sebelumnya, Braman Setyo menghadiri Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Program Inklusif LPDB-KUMKM di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (14/11/2018).

Suku bunga yang berlaku di LPDB saat ini, yakni untuk program Nawacita (Pertanian, Perikanan, dan Perkebunan) 4,5% per tahun menurun atau 0,2 persen per bulan.

Sektor riil (KUMKM sektor manufaktur, kerajinan, industri kreatif) 5% per tahun menurun atau 0,27% per bulan.

Simpan pinjam (koperasi simpan pinjam, LKB, LKBB, dan BLUD) 7% per tahun menurun, dan bagi hasil maksimal 60:40 untuk pembiayaan syariah.

“Kalau pemerintah sudah memberikan kemudahan, tapi bapak-ibu tidak mengembangkan, tidak memanfaatkan dengan baik saya katakan ini sudah keterlaluan,” katanya.

Karena, lanjutnya, saya kira dana bergulir Ini sangat tepat bagi pengembangan usaha bapak-ibu sekalian yang mengalami kesulitan permodalan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close