Danrem 044/Gapo Dorong PPM Ikut Mensukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Danrem 044/Gapo Dorong PPM Ikut Mensukseskan Program Vaksinasi Covid-19
Danrem 044:Gapo Minta PPM Sumsel Terlibat Pada Penanganan Karhutla, Penanganan Covid 19 dan Ikut Program TMMD

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) Provinsi Suamtera Selatan (Sumsel), Gerry Iskandar Alamlah beserta jajaran diterima Komandan Korem 004 Garuda Dempo (Gapo), Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji saat beraudiensi di Makorem Gapo, Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.5, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumsel, Rabu (19/5/2021).

Audiensi PPM Sumsel dalam rangka melaporkan hasil Pelantikan PD. PPM Sumsel Masa Bakti 2020 – 2025 dengan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Dewan Pembina, Dewan Pertimbangan Daerah (Wantimda) serta Susunan Personalia Pengurus.

Gerry Iskandar menyampaikan bahwa PPM sebagai keluarga besar TNI sebagaimana atuan orgnasai, usia dikukuhkan dan dilantik harus melaporkan kepada dewan pembina, yaitu LVRI, TNI dan Polri.

“Keberadaan PPM sebagai Keluarga Besar TNI dan Cadangan Nasional (Cadnas) serta sesuai aturan organisasi yang berlaku di PPM, kami wajib melapor, berkoordinasi dan meminta arahan serta masukan dari Dewan Pembina kami yaitu Legiun Veteran RI, TNI, dan Polri dalam rangka mendukung penuh setiap kegiatannya tak terkecuali dari Korem 044/Gapo” ujar Gerry.

Apalagi saat ini Provinsi Sumatera Selatan tengah menghadapi tantangan serius dalam menekan penyebaran Covid-19 melalui program Vaksinasi, Pemulihan ekonomi serta pencegahan Karhutla yang menyebabkan kabut asap yang setiap tahun menjadi bencana langganan di Provinsi Sumatera Selatan.

“Kami ingin memberikan kerja nyata untuk Provinsi Sumsel yang betul-betul berdampak positif bagi masyarakat” tambahnya.

Menanggapi hadirnya kembali PPM Sumsel, Danrem 044/Gapo meminta PPM sebagai perpanjangan tangan TNI untuk selalu berada ditengah-tengah masyarakat. Danrem juga mendukung rencana PPM untuk membantu Pemerintah menekan penyebaran Covid-19 melalui program vaksinasi bagi kalangan pemuda di Sumsel dan menyatakan bahwa dirinya siap untuk mensupport PPM termasuk penyediaan dokter dan vaksinnya.

Sementara itu, terkait Kondisi Karhutla, Danrem yang juga Komandan Satgas Karhutla Sumsel menerangkan bahwa berdasarkan ramalan BMKG untuk tahun ini cuaca di Sumsel akan mengalami kemarau yang cenderung panas kering. 

Sehingga dengan adanya PPM dan Resimen Yudha Putra, Danrem akan memberikan pelatihan dan pembekalan agar PPM terlibat sebagai Satgas Karhutla.

Kemudian untuk program Komsos, Jenderal bintang satu ini juga akan mengikutsertakan PPM dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan dalam skala besar.

“PPM harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari TNI, bahkan harus ikut ketika saya nanti turun ke daerah-daerah agar PPM juga tahu kondisi ‘real’ di lapangan untuk kita buat programnya yang tepat” ujar Danrem.

Selain program diatas, rencananya PPM melalui Bidang Humas-Kominfo akan menjalin kerjasama dengan Korem 044/Gapo dalam sosialisasi wawasan kebangsaan, penguatan ideologi Pancasila, bela negara serta menghalau isu hoax dan radikalisme yang saat ini tengah marak terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya dilaporkan Gerry, tentang keberadaan dan kondisi para Veteran Pejuang Kemerdekaan RI terutama fasilitas Gedung Legiun Veteran RI dimana PPM juga ber-markas disana. Gerry mohon dukungan Danrem Gapo agar Pemerintah Daerah serta Pemerintah Kabupaten/Kota dapat memperbaiki (renovasi) Gedung LVRI.

Juga tentang Taman Makam Pahlawan (TMP) di seluruh Sumsel dapat diperbaiki. Juga lanjut Gerry, salah satu program PPM Sumsel tentang Penghargaan kepada Veteran Pejuang Kemerdekaan RI adalah agar nama-nama para Veteran Pejuang asal Sumsel dijadikan Nama Jalan di Kota Palembang.

“Itu salah satu wujud penghargaan dan terima kasih kita kepada para Veteran Pejuang. Palembang adalah kota perjuangan, pernah terjadi ‘Perang 5 Hari 5 Malam’ di kota ini. Karena perjuangan Veteran kita bisa merdeka. Mereka adalah Pahlawan dan kita ingin generasi muda di Sumsel tahu nama-nama Pejuangnya. Tahu sejarah perjuangannya.” terang Gerry.

“Banyak nama-nama jalan di Kota Palembang menggunakan Nama-nama buah buahan, nama hewan, kami usulkan diganti nama-nama Veteran Pejuang. Juga jalan-jalan baru di Kota Palembang.” Lanjutnya.

Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji selaku Danrem 044/Gapo sangat setuju dan mendukung usulan PPM tersebut, bahkan berjanji akan berkoordinasi dan segera membicarakannya dengan Walikota Palembang.

Dalam audiensi kali ini, Gerry didampingi oleh Indangsyah selaku Sekretaris dan Rahmat Farizal Wakil Ketua PPM Bid. Humas dan Komunikasi Informatika.