Nasional

Daniel Yusmic Akan Dilantik Jadi Hakim MK, Ini Profilnya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Daniel Yusmic Pancastaki Foekh disebut-sebut akan dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai hakim Mahkamah Konstitusi menggantikan I Dewa Gede Palguna yang habis masa jabatannya. Pelantikan hakim MK baru akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

“Nanti jam tiga sore pelantikan,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono melalui pesan teks, Selasa (7/1/2020).

Daniel adalah dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Daniel meraih gelar master dan doktor di bidang hukum dari Universitas Indonesia pada 1998 dan 2011.

Ia pernah memberikan tanggapan terkait desakan publik agar Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang KPK (Perpu KPK). Menurut dia, Perpu KPK belum perlu karena negara tidak dalam keadaan darurat.

Meski Daniel disebut-sebut akan dilantik sore nanti, Dini menjelaskan semua bisa saja berubah di detik-detik terakhir. Ia mengaku hingga malam tadi belum diketahui siapa yang dipilih Jokowi.

“Tadi malam saya cek belum ketahuan siapa yang akan dipilih di antara tiga calon itu. Sampai sebelum pelantikan seperti biasa nama bisa saja berubah last minute.”

Nama Daniel ada dalam tiga nama yang disebut sebagai calon hakim MK. Dua nama lainnya adalah Suparman Marzuki dan Ida Budhiati. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close