Nasional

Dana Desa Rp73 Triliun Ciptakan Pemerataan

SERANG, SENAYANPOST.com – Program dana desa dengan anggaran sebesar Rp73 triliun mampu menciptakan pemerataan pembangunan. Jumlah anggaran ini meningkat jika dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar Rp60 triliun.

“Kita harapkan bisa menciptakan pertumbuhan serta pemerataan pembangun di seluruh wilayah Indonesia,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika Ahmad Erani, saat menjadi narasumber pada acara seminar nasional dengan tema “Arah Pembangunan Ekonomi Indonesia” yang dilaksanakan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, di Serang, Banten, Selasa (12/2/2019).

Pemerintah, lanjutnya, berkomitmen pembangun ekonomi akan mampu berjalan sesuai dengan harapan yakni pembangunan dari kota hingga pelosok desa melalui peningkatan dana desa tersebut.

“Komitmen pemerintah untuk peningkatan ekonomi masyrakat desa dari yang sebelumnya sebesar Rp280 juta per desa saat ini menjadi Rp900 juta per desa,” katanya.

Selain program tesebut, kata Erani, pemerintah juga menargetkan program reforma agraria dengan target lahan seluas 9 juta hektare, dan program perhutanan sosial.

“Pemerintah juga menargetkan program perhutanan sosial dengan target seluas 12,7 juta hektare” katanya.

Ia berharap pemerintah daerah juga harus bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sumberdaya yang dimiliki.

“Pemerintah Provinsi Banten baik kabupaten maupun kota juga memiliki APBD, itu yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close