Ekonomi

Dampak Merapi, Penerbangan AirAsia dari dan ke Yogyakarta Batal

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gunung merapi mengalami erupsi pagi tadi, Jumat (11/5/2018). Sejumlah jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat pun terganggu.

Sepetu yang dialami maskapai AirAsia di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, akibat Erupsi Gunung Merapi, hampir seluruh penerbangan dari dan ke Yogyakarta batal.

“Sejumlah penerbangan dari dan menuju Yogyakarta terdampak erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah,” ujar Head of Communications AirAsia Baskoro Adiwiyono melalui keterangan tertulis, Jumat (11/5/2018).

Adapun penerbangan AirAsia yang terdampak tersebut adalah:

  1. Nomor penerbangan AK 346 dari Kuala Lumpur ke Yogyakarta harus kembali ke bandara asal;
  2. Nomor penerbangan AK 347 dari Yogyakarta ke Kuala Lumpur dibatalkan;
  3. Nomor penerbangan AK 348 dari Kuala Lumpur ke Yogyakarta dibatalkan;
  4. Nomor penerbangan AK 349 dari Yogyakarta ke Kuala Lumpur dibatalkan;
  5. Nomor penerbangan QZ 659 dari Singapura ke Yogyakarta dibatalkan;
  6. Nomor penerbangan QZ 7557 dari Yogyakarta ke Jakarta dibatalkan;
  7. Nomor penerbangan QZ 7550 dari Jakarta ke Yogyakarta dibatalkan;
  8. Nomor penerbangan QZ 7551 dari Yogyakarta ke Jakarta dibatalkan;
  9. Nomor penerbangan QZ 7552 dari Jakarta ke Yogyakarta dibatalkan;
  10. Nomor penerbangan QZ 7553 dari Yogyakarta ke Jakarta dibatalkan;
  11. Nomor penerbangan XT 8448 dari Bali ke Yogyakarta dibatalkan, dan;
  12. Nomor penerbangan XT 8449 dari Yogyakarta ke Bali dibatalkan.

Baskoro mengatakan, informasi soal status penerbangan terkini akan disampaikan melalui email dan layanan pesan singkat (SMS).

Opsi bagi penumpang AirAsia memberi opsi pelayanan kompensasi dari batalnya penerbangan pada hari ini. Pertama, penumpang bisa mengubah jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula.

Penumpang tidak akan dikenakan biaya tambahan tetapi bergantung pada ketersediaan kursi. Opsi kedua, akun deposit senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku 90 hari. Alternatif ketiga, pengembalian dana atau refund.

“Pengembalian dana secara penuh senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan tiket penerbangan dan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih saat transaksi,” kata Baskoro.

Penumpang juga diperbolehkan mengubah rute tujuan terdekat ke Yogyakarta dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula. Penumpang AirAsia, kata Baskoro, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan tetapi tergantung ketersediaan kursi.

“Kami juga menyarankan penumpang untuk memeriksa jadwal perjalanan melalui fitur ‘Pembelian Saya’ di situs AirAsia sebelum menuju ke bandara,” kata Baskoro.

Baskoro menjanjikan maskapainya akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait agar dapat sesegera mungkin menyampaikan informasi dan perkembangan situasi terkini kepada para calon penumpangnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close