NasionalTak Berkategori

Dampak Letusan Gunung Merapi, Bandara Adi Soemarmo Tutup 3 Jam

SOLO, SENAYANPOST.com – Akibat dampak letusan Gunung Merapi yang terjadi pukul 08.25 WIB, Jumat (1/6/2018), PT Angkasa Pura I menutup Bandar Udara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, selama tiga jam.

Menurut Airport Operations and Service Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Purwanto, di Solo, penutupan dilakukan dari pukul 15.30 hingga 18.30 WIB.

Akibat penutupan ini, maskapai Batik Air yang seharusnya pada sore tadi melakukan penerbangan ke Jakarta harus tertunda di Bandara Adi Soemarmo hingga Jumat malam, sedangkan Citilink yang seharusnya mendarat di Bandara Adi Soemarmo harus kembali ke Bandara Halim Perdanakusuma.

“Sebetulnya kalau untuk hujan abu hanya tipis, tetapi penutupan tetap kami lakukan karena kalau dipaksakan terbang dikhawatirkan akan mengganggu mesin pesawat atau penerbangannya,” katanya.

Selama penutupan bandara, ada sejumlah penumpang yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta terpaksa tertahan di bandara, dan ada yang ingin biaya penerbangannya dikembalikan (refund).

“Jumlahnya kami belum bisa memastikan. Untuk selanjutnya kalau mereka ingin melanjutkan perjalanan, maka silahkan menunggu hingga bandara dibuka kembali, sedangkan yang ingin refund silakan langsung menghubungi maskapai masing-masing,” katanya.

Mengenai kondisi Bandara Adi Soemarmo, dikatakannya, sempat terjadi hujan abu namun tipis. Meski demikian, dikatakannya, hujan abu tidak sampai ke apron bandara. (JS)

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close