Dalam Produksi Vaksin, CEPI Siap Kerjasama dengan Bio Farma

Dalam Produksi Vaksin, CEPI Siap Kerjasama dengan Bio Farma
CEPI siap menjalin kerjasama dalam produksi vaksin Covid-19 dengan Bio Farma. (Foto Kedubes Inggris)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dalam produksi vaksin Covid-19, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi atau CEPI, dipastikan siap menjalin kerjasama dengan Bio Farma.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan kesiapan ini datang setelah hasil due diligence atau uji tuntas untuk penyelidikan penilaian kinerja perusahaan terhadap Bio Farma sangat baik.

Retno menuturkan, dia telah melakukan pertemuan dengan CEO CEPI di London, Inggris. Fokus pertemuan adalah membahas tindak lanjut dari due diligence yang dilakukan CEPI terhadap Biofarma pada September lalu. Selain itu, ucap Retno, dibahas juga peluang kerjasama strategis yang dapat dilakukan di luar Covid-19.

"CEPI menghargai komitmen Indonesia untuk melakukan kerjasama dengan CEPI. CEO CEPI menyampaikan bahwa hasil due diligence terhadap Bio Farma menunjukkan hasil yang sangat baik. Oleh karena itu, CEPI siap melakukan kerjasama dengan Bio Farma," ucap Retno.

"Hasil baik due diligence ini juga merupakan pengakuan terhadap kapasitas dan kualitas yang dimiliki Bio Farma untuk manufacturing vaksin," sambungnya saat menggelar konferensi pers virtual pada Rabu (14/10/2020).

Dia lalu mengatakan, CEPI juga menyambut dengan baik keinginan Indonesia untuk melakukan kerjasama strategis jangka panjang dengan CEPI.

Kerjasama ini, jelas Retno, antara lain untuk, pengembangan berbagai platform teknologi rapid vaccine dan imunoprofilaksis untuk melawan patogen yang tidak diketahui dan juga melakukan, riset dan pengembangan inovasi vaksin berpotensi epidemi/pandemi.

"Sebagai bentuk komitmen Indonesia terhadap upaya multilateral untuk menjamin akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau, maka selama pertemuan dengan CEPI, Indonesia telah menyampaikan keinginannya untuk menjadi bagian dari CEPI Investors Council. Besaran kontribusi Indonesia terhadap CEPI akan dibahas lebih lanjut," tukasnya.