Daftar Kota Termahal dan Termurah Dunia 2020

Daftar Kota Termahal dan Termurah Dunia 2020
Paris

JAKARTA, SENAYANPOST.com - The Economist Intelligence Unit (EIU) merilis sejumlah kota termahal di dunia sepanjang tahun 2020. Hasilnya, Kota Zurich (Switzerland), Paris (Perancis) dan Hong Kong (China) menempati urutan teratas kota termahal di dunia.

Ditetapkannya Zurich dan Paris sebagai kota termahal menggeser kota termahal sebelumnya yaitu Singapura dan Osaka. Kedua kota tersebut turun peringkat masing-masing ke peringkat keempat dan kelima, karena tekanan deflasi akibat menyusutnya permintaan domestik dan tindakan pemerintah.

Sementara Hong Kong masih tetap bertahan dan menjadi satu-satunya kota termahal teratas di Asia.

EIU menyebut, sebagian kota di China saat ini menunjukkan kenaikan peringkat. Perang dagang antara AS-China tentu saja telah memberi pengalaman sekaligus menguji ketahanan rantai pasokan dan menaikkan harga (pendapatan) konsumen.

EIU juga menjelaskan bahwa Covid-19 sangat berdampak serius terhadap kondisi harga dan pendapatan. Bahkan, kenaikan tren harga ini akan berlanjut hingga 2021, karena pengeluaran tetap dibatasi dan harga mengalami tekanan ke bawah.

Survei tersebut, dilakukan dengan cara membandingkan 138 item harga barang di 130 kota di seluruh dunia. Pergerakan Paris dan Zurich yang bergabung dengan Hong Kong di posisi teratas didorong oleh kenaikan Euro dan Franc Swiss terhadap dolar AS, serta penurunan komparatif dalam biaya hidup di dua kota Asia yang sebelumnya berada di peringkat teratas.

Selain fluktuasi mata uang, masalah rantai pasokan, tindakan pemerintah, penurunan pendapatan dan perubahan gaya hidup juga menjadi alasan di balik pergeseran harga global.

Dengan mayoritas populasi global yang masih bekerja dari jarak jauh, pembeli yang tinggal di rumah sekarang memiliki pandangan baru tentang barang dan jasa yang mereka anggap penting.

Kepala Riset Biaya Hidup The Economist Intelligence Unit Upasana Dutt mengatakan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan dollar AS melemah, sementara mata uang Eropa Barat dan Asia Utara, yang pada gilirannya telah menggeser harga barang dan jasa.

"Pandemi telah mengubah perilaku konsumen, karena penguncian dan tren seperti bekerja dari rumah telah meningkatkan harga elektronik konsumen dan peralatan makan di rumah telah menggantikan tempat makan restoran untuk keluarga kelas menengah," kata Dutt dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Rabu (19/11/2020).

Berikut daftar kota termahal dunia 2020:

Zurich (Switzerland)
Paris (Perancis)
Hongkong (China)
Singapore (Singapore)
Osaka (Jepang)
Tel Aviv (Israel)

Tak hanya kota termahal, EIU juga merilis sejumlah kota termurah dunia, di antaranya:

Hongkong Kota Termahal di Dunia
Singapura, Kota Termahal di Dunia
Geser Hongkong, London Kota Termahal di Dunia
Singapura, Tiga Kali Bertahta sebagai Kota Termahal Dunia
Singapura, Kota Termahal Kedua bagi "Crazy Rich Asians"
Damaskus (Syria)
Tashkent (Uzbekiztan)
Luasaka (Zambia)
Caracas (Venezuela)
Almaty (Kazakhstan)