Citilink Tunda Bagasi Berbayar, Menpar: Dunia Pariwisata Menyambut Baik

Citilink Tunda Bagasi Berbayar, Menpar: Dunia Pariwisata Menyambut Baik

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Langkah maskapai berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) khususnya Citilink yang menunda penerapan bagasi berbayar, mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Dunia pariwisata menyambut baik, saya pribadi senang sekali Citilink menunda penerapan bagasi berbayar,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Sebelumnya, Menpar Arief Yahya mengirimkan tim yang diketuai Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Aksesibilitas Judi Rifajantoro untuk berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan untuk merespons kebijakan tersebut.

Tim ini sudah melaporkan situasi dan kondisi di lapangan termasuk gejolak yang terjadi di kalangan masyarakat dan industri. Tim juga menyampaikan permintaan agar ada perhatian langsung dari pemegang otoritas sehingga kondisi di pasar tetap terkendali.

Kemenpar juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk menemukan titik temu dan solusi terbaik bagi persoalan tersebut.

Arief Yahya kemudian menyambut baik ketika ada tindak lanjut dari masukan Komisi V atau Komisi Infrastruktur dan Perhubungan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Rapat Kerja Selasa (29/1), yang mendesak penundaan penerapan bagasi berbayar pada maskapai penerbangan. (JS)