Lintas Daerah

Ciptakan Rasa Aman, Dishub Kota Bandung Periksa Kelaikan Bus Umum

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kepala Bidang Perencanaan Pembinaan Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara, mengungkapkan, untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang menjelang Lebaran, pihaknya memeriksa kelaikan bus angkutan umum di Terminal Leuwi Panjang.

“Ini semua agar nyaman bagi pengendara maupun penumpang ketika melakukan perjalanan,” kata Asep Kuswara, di Bandung, Rabu (23/5/2018).

Dishub Kota Bandung, lanjutnya, akan memeriksa kelaikan kendaraan (ramp check) lebih awal dibanding tahun-tahun sebelumnya agar para pengusaha bus mempersiapkan kendaraan sedini mungkin.

Pemeriksaan meliputi, pemeriksaan surat randa nomor kendaraan (STNK), buku uji, kartu pengawasan, dan fungsi kendaraan. Sebelumnya dilakukan pencocokan nomor rangka, nomor mesin dan nomor uji, setelah itu pemeriksaan secara visual.

“Kita lakukan secara menyeluruh baik dari sisi fisik maupun kelengkapan surat-suratnya,” katanya.

Menurutnya, kegiatan Ramp Chek akan terus dilakukan mulai dari tujuh hari sebelum (H-7) hingga tujuh hari setelah lebaran (H+7). Tak hanya itu, Dishub juga memeriksa bus yang ada di pul-pul.

“Ini dilakukan untuk kesiapan kendaraan agar selamat dalam perjalanan,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close