Internasional

Cincin Bertabur 6.690 Berlian Pecahkan Rekor Dunia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Seniman perhiasan di India berhasil memecahkan rekor dunia, di mana sebuah cincin buatannya memiliki berlian terbanyak. Rekor ini baru saja dicatat dalam rekor dunia, Guinness World Records.

Cincin berbentuk bunga lotus atau teratai setengah mekar itu dibuat dari 6.690 berlian. Berlian itu tertata rapi pada rose gold 18 karat.

Jumlah ini diklaim menjadi jumlah batu berlian terbanyak yang pernah dibuat dalam sebuah cincin.

Cincin tersebut merupakan hasil kolaborasi dua seniman perhiasan yang berbasis di Surat, Gujarat yakni Vishal Agarwal dan Khushbu Agarwal. Vishal merupakan otak di balik desain bunga teratai itu. Sedangkan Khushbu bertugas mendanai dan menyediakan sumber daya untuk cincin.

Desain bunga teratai dipilih bukan tanpa alasan. Vishal dan Khushbu memiliki misi sosial untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya konservasi air. Bunga lotus ini merupakan bunga nasional India dan mengambarkan keindahan yang tumbuh di dunia air.

“Karena ketenaran gelar Guinness World Records, kami dapat memanfaatkannya untuk menyatukan orang-orang yang berpikiran sama untuk bekerja demi dunia yang indah,” kata Vishal dan Khushbu yang dikutip dari laman resmi Guinness World Records.

Vishal merancang bunga teratai itu dengan memiliki 48 buah kelopak bunga. Di setiap kelopaknya, Vishal menyusun berlian-berlian yang berkilauan. Vishal dibantu oleh para pengrajin di Hanumant Diamonds, toko perhiasan yang dimiliki oleh Vishal dan Khushbu.

Dua seniman ini membutuhkan waktu enam bulan untuk merancang cincin yang rumit ini. Berat cincin bunga teratai ini mencapai 58 gram atau lebih berat dari sebuah bola golf. Ukuran ini jauh lebih berat dari cincin pada umumnya.

Cincin mewah ini dihargai senilai US$4,1 juta atau setara Rp58,9 miliar.

Sebelumnya, rekor dunia yang memiliki berlian terbanyak dipegang oleh cincin burung merak karya Savio Jewellery yang menggunakan 3.827 berlian pada 2015 lalu. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close