Internasional

China Selidiki Penyakit Aneh yang Diderita Staf Konjen AS

BEIJING, SENAYANPOST.com – Otoritas China sedang melakukan penyelidikan terkait penyakit aneh yang diderita staf Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Guangzhou sehingga harus dipulangkan ke negara asalnya.

“Setelah mendapat laporan adanya staf diplomatik AS yang ditempatkan di China yang diduga dipengaruhi apa yang disebut dengan sonic wave, otoritas kami telah melakukan penyelidikan serius dan akan segera memberitahu pihak AS mengenai hasilnya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying di Beijing, Kamis (7/6/2018).

Menurut dia, sejauh ini pihaknya belum menemukan alasan atau petunjuk yang mengarah pada peristiwa yang dilaporkan oleh pihak AS itu.

Meskipun demikian, seperti diwartakan Antara, China tetap menjamin keamanan staf diplomatik asing yang berkedudukan di negara berpenduduk terbesar di dunia itu sesuai dengan Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik dan Hubungan Kekonsuleran.

“Sejauh ini pihak AS belum melakukan komunikasi resmi dengan kami mengenai peristiwa itu,” ujar Hua dalam pernyataan pers yang juga diikuti oleh Antara di Beijing itu.

Walau begitu, pihaknya tetap akan bertannggung jawab secara konsisten dan terus berkoordinasi dengan pihak AS.

Konsulat Jenderal AS di Guangzhou mengakui beberapa stafnya dipulangkan karena menderita penyakit tidak jelas setelah mendengarkan suara-suara misterius di sekitar tempat tinggal mereka di kota terbesar ketiga di daratan Tiongkok itu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close