Internasional

China Optimis Negosiasi Dagang dengan AS Berakhir Positif

JAKARTA, SENAYANPOST.com – China optimistis negosiasi perdagangan dengan Amerika Serikat (AS) dapat berakhir positif. Respons tersebut diberikan usai presiden kedua negara sepakat untuk menghidupkan kembali perundingan yang sempat bermasalah dalam pertemuan G20 bulan ini.

Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa akan terdapat pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di KTT G20 di Osaka, Jepang. China yang sebelumnya menolak mengatakan apakah kedua pemimpin akan bertemu, akhirnya mengonfirmasi.

Kedua negara berada di tengah-tengah sengketa perdagangan yang telah menekan pasar keuangan dan merusak ekonomi global.

Pembicaraan untuk mencapai kesepakatan sempat terhenti pada bulan lalu, setelah pejabat AS menuding China mundur dari kesepakatan. Interaksi kedua negara setelah itu menjadi terbatas dan Trump telah mengancam akan mengenakan tarif lebih banyak pada produk-produk China dalam eskalasi yang ingin dihindari oleh bisnis kedua negara.

Berita bahwa AS dan China kembali akan melakukan negosiasi mendorong bursa saham China menguat dengan Shanghai Composite Index naik 1 persen.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang mengatakan penting untuk menemukan solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

“Saya tidak maju sendiri, tetapi komunikasi selama empat dekade menunjukkan kemungkinan untuk mencapai hasil positif,” jelasnya.

Lu mengatakan dia tidak bisa memberikan agenda yang pasti untuk pertemuan itu.

“Kedua pemimpin akan berbicara tentang apa pun yang mereka inginkan, tidak hanya untuk kepentingan kedua bangsa, tetapi memenuhi aspirasi seluruh dunia.” jelas Lu, seperti dikutip cnnindonesia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close