Internasional

China Berencana Bangun Jalur Kereta Api hingga Nepal

BEIJING, SENAYANPOST.com – Proyek prestisius jalur kereta api akan dibangun pemerintah China yang akan menghubungkan wilayah barat Tibet dengan Nepal.

China Daily, Jumat (22/6) melaporkan, rencana itu merupakan bagian dari beberapa kesepakatan bilateral selama kunjungan Perdana Menteri Nepal Khadga Prasad Sharma di Beijing, Kamis (21/6).

Kedua negara mencapai kesepakatan untuk melakukan studi kelayakan jalur kereta api yang menghubungkan kota perbatasan Kerung ke Kathmandu.

China akan menanggung biaya proyek jalur kereta api sepanjang 121.480 km.

Sebelumnya, dua negara tersebut sudah memberikan sinyal untuk memperluas jaringan kereta api China sampai keluar perbatasan Nepal pada 2016. Namun, belum ada kesapakatan yang diambil pada saat itu.

Otoritas China akan melakukan uji kelayakan pada Agustus mendatang. Persiapan laporan proyek akan dimulai pada dua tahun ke depan. Konstruksi diperkirakan akan selesai dalam waktu lima tahun.

Otoritas China meyakini, jalur rel akan mencapai perbatasan Nepal pada 2022. Selanjutnya, pembangunan kereta api lintas batas akan dimulai.

Selain proyek kereta api, Nepal dan China menyepakati kerja sama pemanfaatan jalan raya untuk transportasi kargo. Nepal akan menggunakan jalan di Tibet untuk mengangkut barang dan logistik ke bagian utara negaranya.

Perdana Menteri China Li Kieqiang mengatakan, kedua negara juga akan menjaga keberagaman dan kerja sama perdagangan bebas.

Selain proyek kereta api, Nepal bersedia meningkatkan kolaborasi di pelabuhan, jalan, komunikasi, serta koordinasi dalam urusan regional dan internasional. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close