China Akui Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina

14:00
494
Suasana di Dome of the Rock dan Kota Lama Yerusalem pada 4 December 2017. (FOTO REUTERS)

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah China menyatakan mendukung Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina, dan menentang klaim sepihak yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

“Kami mendukung Palestina yang merdeka berdasarkan perjanjian 1967 yaitu Yerusalem Timur adalah ibu kota Palestina,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lu Kang dikutip dari Anadolu, Jumat (15/12/2017).

“Beijing memahami kekhawatiran negara-negara Muslim atas status Yerusalem,” lanjutnya.

Lu juga meminta kedua belah pihak –Palestina dan Israel—untuk melanjutkan dialog guna menemukan solusi komprehensif dan adil terhadap krisis yang telah berlangsung sejak lama ini.

Deklarasi Istanbul, hasil dari KTT Luar Biasa OKI kemarin, menyatakan bahwa Yerusalem Timur adalah ibu kota Palestina yang diduduki.

Para negara anggota OKI juga menolak dan mengutuk keras keputusan tidak sah yang dinyatakan oleh Trump bahwa Yerusalem adalah ibu kota dari Israel.

Melawan apa yang dikatakan Trump, Turki dan Lebanon pun menyatakan bahwa mereka segera membuka kedutaan besarnya di Yerusalem Timur.

Pembukaan kedubes baru ini sebagai pengakuan bahwa Yerusalem Timur adalah milik warga Palestina.

Comments

comments