Chelsea Sepakati Harga Transfer Erling Haaland Rp1.7 Triliun

Chelsea Sepakati Harga Transfer Erling Haaland Rp1.7 Triliun
Erling Haaland

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Di tengah-tengah riuhnya euforia Euro 2020, Chelsea diam-diam dikabarkan telah sepakat dengan harga yang diberikan Borussia Dortmund, untuk Erling Haaland di jendela transfer musim panas ini.

Pencinta sepak bola memang boleh saja sedang dimanjakan dengan panggung Euro 2020, namun jangan lupa aktifivitas transfer yang dilakukan sejumlah klub, termasuk Chelsea.

Beredar laporan dari SundayWorld, tim London Barat dilaporkan sudah menjalin kesepakatan dengan harga yang diberikan oleh Dortmund kepada pemain incaran mereka, yakni Erling Braut Haaland.

Striker berdarah Inggris berkebangsaan Norwegia itu dilabeli dengan mahar senilai 86 juta poundsterling atau lebih dari 1,72 triliun rupiah. Jumlah itu jelas tak menjadi masalah bagi klub sekaya Chelsea, namun di satu sisi mereka juga ingin menghemat dan tak mau mengeluarkan uang dengan jumlah tersebut dari rekening mereka.

Kabarnya, tim yang bermarkas di Stamford Bridge itu ingin mendatangkan Haaland dengan uang hasil dari penjualan dari keempat pemain mereka, yakni Kepa Arrizabalaga, Tammy Abraham, Ross Barkley, dan penyerang yang baru perpanjang kontraknya, Olivier Giroud.

Namun jika melihat dari peran yang dimiliki oleh empat pemain yang disebutkan di atas, sepertinya pelatih Thomas Tuchel masih membutuhkan jasa Giroud hanya sebatas untuk menjadi pemain pelapis saja.

Pemain lain yang bakal dilepas oleh Chelsea besar kemungkinan adalah gelandang Ruben Loftus-Cheek yang pada musim lalu dipinjamkan ke Fulham. Andai kata tak ada klub yang bisa membayar pemain Chelsea yang ingin mereka jual di atas, sepertinya harga yang telah ditetapkan oleh Dortmund bakal dibayar dengan menggunakan rekening mereka.

Hanya saja, The Blues tetap harus mencari cara agar bisa menjual sejumlah pemainnya, selain untuk mengurangi menumpuknya skuat, juga untuk menjaga neraca keuangan klub agar tak terkena sanksi Financial Fair Play (FFP).

Jika Chelsea berhasil meresmikan Erling Haaland, maka mereka berhasil meramaikan bursa transfer sepak bola di tengah keramaian Euro 2020. Haaland sendiri menjadi daya tarik banyak klub elite Eropa, meski dirinya tidak tampil di Euro 2020 bersama Timnas Norwegia.

Mulai dari Real Madrid, Man City, dan Manchester United tertarik untuk mendatangkan pemain RB Salzburg tersebut. Sebelum menuntaskan yang bakal menghebohkan dunia transfer sepak bola, Chelsea juga cukup banyak perwakilan mereka di sejumlah negara peserta.

Mulai dari mereka yang sudah berguguran, seperti Billy Gilmour di Timnas Skotlandia, N’Golo Kante, Kurt Zouma, dan Olivier Giroud di Timnas Prancis, dan Antonio Rudiger, Timo Werner, serta Kai Havertz di Timnas Jerman.

Penggawa Chelsea lainnya pun masih ada yang berjibaku di Euro 2020, yaitu Cesar Azpilicueta di Timnas Spanyol, Andreas Christensen di Timnas Denmark, Jorginho bersama Timnas Italia, dan Mason Mount, Ben Chilwell, dan Reece James di Timnas Inggris.