Ekonomi

Chandra Hamzah Bakal Pimpin Bank BUMN Akhir Tahun Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal menempatkan eks petinggi KPK Chandra Hamzah di salah satu perusahaan pelat merah perbankan. Namun, masih belum dipastikan posisi yang dimaksud apakah komisaris atau direktur.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, perusahaan perbankan yang dimaksud di antaranya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Hal itu menjawab kabar Candra yang akan diangkat menjadi Staf Khusus Menteri BUMN bidang Hukum.

“Beliau akan mengisi salah satu posisi di BUMN. Tadi ada isu beliau di stafsus tidak, beliau akan ditempatkan di perusahaan BUMN, dipastikan seperti itu. Posisinya apakah di direktur atau komisaris, tunggu tanggal mainnya,” ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Menurut dia, mantan Komisaris Utama PT PLN ini lebih cocok di BUMN perbankan karena bisa mewakili visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Karena kita ingin beliau perannya lebih besar di bidang sektor ini. Karena ini untuk men-support tujuan Pak Jokowi. Jokowi ada visi misi di situ yang bisa dipercepat Chandra Hamzah melalui BUMN ini,” ucapnya.

Menurut dia, respons Chandra Hamzah terhadap tawaran ini cukup positif. Kementerian BUMN menargetkan Chandra Hamzah akan menjabat di salah satu BUMN perbankan pada akhir tahun ini.

“Dalam waktu dekat akan kita lihat gimana. Sampai bulan Desember akhir Pak Chandra bisa masuk ke dalam jajaran kepengurusan BUMN. Pokoknya kita harapkan tahun ini sudah selesailah,” kata dia.

Pemanggilan Chandra Hamzah ini bukan yang pertama kalinya dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir. Pasalnya, pada pekan lalu mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga dipanggil untuk ditawarkan posisi di salah satu BUMN energi.

“Seperti yang kami sampaikan kemarin, bahwa akan banyak orang-orang atau tokoh-tokoh yang memang akan kita rekrut untuk memperkuat BUMN di Indonesia,” tutur dia.

Tokoh-tokoh yang dipanggil ini dipastikan memiliki kredibilitas yang tinggi serta diakui dan dipercaya publik dapat membangun persepsi positif bagi BUMN yang akan dimasukinya. Selain itu, diharapkan mereka bisa langsung memberikan perbaikan kinerja di BUMN yang dimasuki.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close