Ekonomi

Chairman ASEM SMEs Eco-Innovation: Kontribusi UKM dan Koperasi Makin Tinggi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Indonesia dan Korea Selatan melanjutkan kerja sama pengembangan “eco-innovation” UKM sebagai salah satu upaya mendorong UKM sebagai instrumen pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Kerja sama ini diwujudkan dalam sebuah pertemuan 2018 ASEIC Global Innovation Forum yang digelar di Jakarta, Selasa (4/9/2018). Forum serupa telah digelar di Korea Selatan pada tiga tahun silam.

Chairman ASEM SMEs Eco-Innovation Myung Ki Sung dalam sambutannya mengatakan UKM telah memegang peran yang sangat penting dalam perekonomian global dan menjadi kunci penggerak pertumbuhan dan inovasi.

“Oleh karena itu, kita perlu mendorong UKM baik di Indonesia maupun di Korea agar semakin inklusif dan memiliki masa depan yang lebih berkelanjutan,” katanya.

Ia juga berpendapat kontribusi UKM dan koperasi yang semakin tinggi akan meningkatkan kinerja pembangunan di sebuah negara.

Meski ia menyadari UKM juga menghadapi beragam kendala di antaranya keterbatasan sumber daya hingga kerasnya kompetisi pasar.

Oleh karena itu, ia menilai UKM harus mulai melihat dan menggarap peluang bisnis berbasis eco-innovation.

Terkait Indonesia, Myung Ki Sung melihat potensinya yang sangat besar sebagai kantong UKM yang inovatif dan peduli lingkungan.

“Indonesia dan Korea memiliki potensi untuk memperkuat kerja sama dalam bidang ini, Indonesia dengan sumber dayanya yang besar dan Korea dengan teknologi tingginya,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close