Cerita Surono yang Andongnya Dinaiki Jokowi

Cerita Surono yang Andongnya Dinaiki Jokowi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Surono (43), kusir andong yang kerap beroperasi di Jalan Malioboro, seperti bermimpi. Dia kaget sebab andong miliknya dinaiki Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Seperti apa ceritanya?

“Awalnya saya di bagian paling ujung (Hotel) Inna Garuda, lagi megangin kuda karena kudanya panik banyak orang. Pak Jokowi tahu-tahu naik sama Bu Iriana,” kata Surono kepada wartawan, Kamis (27/9/2018).

Mengetahui hal itu, Surono kaget. Lantas Jokowi mengawali pembicaraan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Surono mengantarkannya dari Hotel Inna Garuda ke Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta.

“Tadi Pak Jokowi langsung naik. Saya nggak dicek (Paspampres) kok. Kan tadi Pak Jokowi tahu-tahu naik ke andong,” katanya.

Karena grogi, selama perjalanan, Surono tidak berani berbincang dengan Jokowi maupun Iriana Jokowi. Surono pantas grogi, karena sebelum-sebelumnya andong yang dimilikinya tidak pernah dinaiki seorang presiden.

Baca Juga

“Baru pertama ini ada pejabat naik andong saya. Apalagi ini yang naik presiden, saya grogi,” katanya.

Selama menyusuri Jalan Malioboro, Jokowi tak segan meladeni swafoto pengunjung. Karena banyaknya warga yang ingin berswafoto bareng Presiden, andong yang dinaiki Jokowi pun terpaksa beberapa kali berhenti.

“Iya, saya tadi jalannya pelan karena sering berhenti. Jalan 10 meter, terus berhenti karena (Jokowi) diajak foto. Ada sekitar 10 kali berhenti agak lama, paling lama berhenti di dekat Dinas Pariwisata DIY,” katanya. (MU)