Ekonomi

Cek Cacing di Makarel Kalengan Bisa dari Tanggal Produksinya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor Purwiyatno Hariyadi mengatakan, masyarakat dapat mengidentifikasi kemasan ikan makarel kalengan yang mengandung cacing dengan melihat nomor batch produksinya.

“Yang pertama adalah dia hanya makarel, bukan sarden dan bukan tuna. Terus cari informasi batch produksi itu,” jelas Purwiyatno di Jakarta, Sabtu (31/3).

Ia mengatakan, batch produksi tersebut dapat berupa keterangan tanggal produksi. Hanya saja, informasi soal batch produksi yang mengandung cacing anisasiks itu belum diberitahukan oleh pemerintah maupun perusahaan pengalengan ikan.

“Kalau ada penjelasan dari pemerintah nomor batch yang mana baru bisa (diidentifikasi). Informasi itu mesti diberikan nomor berapa dan seterusnya supaya masyarakat tahu saat membeli,” urainya.

Angka batch produksi tersebut menjadi penting karena diduga hanya ikan makarel kalengan yang diproduksi pada bulan-bulan tertentu yang mengandung cacing anisakis.

“Tidak semua proses produksi dalam satu tahun itu pasti mengandung cacing. Paling hanya beberapa minggu dan di daerah tertentu,” kata pakar standarisasi mutu produk perikanan dari Institut Pertanian Bogor, Sunarya.

Sebelumnya, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan menemukan sejumlah merek produk ikan makarel yang mengandung cacing. Temuan itu terdapat di Batam, Pekanbaru, dan Jakarta.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close