Cegah Penyebaran Virus Corona pada Penumpang Kereta, Ini Cara KAI

Cegah Penyebaran Virus Corona pada Penumpang Kereta, Ini Cara KAI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Untuk mencegah penyebaran virus corona alias covid-19PT Kereta Api Indonesia (Persero) serius melakukan serangkaian langkah. Di antaranya dengan melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin setiap sebelum perjalanan dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi.

Selain itu, bantal yang disediakan di kereta pun selalu dalam kondisi baru tercuci bersih setiap pergantian penumpang. Untuk menjaga kenyamanan penumpang, selalu disiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan kereta api.

Edi menambahkan, KAI menyediakan pos kesehatan di 89 stasiun di Jawa dan Sumatera bagi penumpang yang ingin memeriksa kesehatan. Edi mengimbau penumpang yang dalam kondisi tidak fit agar tidak memaksakan naik kereta api.

Selain itu Edi juga berpesan kepada penumpang untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur jika merasa tidak sehat, sehingga dapat ditindaklanjuti oleh petugas.

“Demi efektivitas pencegahannya, KAI juga mengajak kepada pengguna KA untuk menjaga kesehatan diri dan memakai masker jika sedang sakit,” ujar Edi.

Dia mengaku, pihaknya telah melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus korona di berbagai stasiun dan internal KAI pada Januari 2020, yakni saat awal beredarnya kabar virus asal Wuhan China itu. Sosialisasi berupa pemasangan spanduk, pembagian brosur, dan kampanye hidup sehat oleh petugas kepada penumpang.

“Upaya-upaya preventif penyebaran virus corona terus kami lakukan baik di atas kereta maupun stasiun. Kami juga mengajak pengguna KA untuk sama-sama proaktif mencegah penyebaran virus korona,” tutup Edi.