Lintas DaerahNasional

Cegah Penyebaran Karhutla, Lokasi Kebakaran Perlu Dibuat Sumur Bor

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Untuk memudahkan pengambilan air dan mencegah penyebaran kebakaran hutan dan lahan, Komandan Satuan Tugas Karhutla, Kolonel Arh Sonny Septiono menyatakan perlu membuat sumur bor di lokasi kebakaran.

“Untuk menanggulangi kebakaran terutama lahan gambut maka perlu dibuat sumur bor,” ujar Dansatgas yang juga Danrem 044/Garuda Dempo, di Palembang, Sabtu.

Ia mengatakan, sekarang ini ada tiga kawasan kebakaran sulit, yakni Desa Penyandingan, Kebun Raya dan Medak yang apinya sulit dipadamkan. Ketiga kawasan itu perlu ada inovasi baru dengan membuat sumur bor guna memaksimalkan penggunaan air yang semakin sulit terjangkau.

Pihaknya juga akan koordinasi dengan kepala Tim Restorasi Gambut (TRG) dan dinas yang berkaitan guna mewujudkan pembuatan sumur bor sebagai sumber air untuk menyiram api serta pembasahan lahan.

Selain itu, pihaknya akan menggerakan pasukan bantuan dari Kodam II/Sriwijaya sehingga penanganan kebakaran hutan dan lahan lebih maksimal. Terlebih, saat ini Satgas Karhutla telah menerima 100 anggota dari Kodam II/Sriwijaya untuk membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya, dengan adanya sumur bor dan penambahan anggota diharapkan pemadaman lebih efektif.

Disamping itu juga pihaknya akan membentuk Tim Reaksi Cepat, yang setiap saat dan dalam situasi apapun selalu siaga. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close