Nasional

Cegah Penimbunan, Bulog Drop Beras ke Polsek, Koramil, dan Kecamatan

JAKARTA, SENAYANPOST.com¬†–¬†Untuk mencegah penimbunan beras menjelang bulan puasa Ramadhan, Perum Bulog bakal melibatkan Polsek dan Kodim untuk menyalurkan beras ke masyarakat.

“Yang pasti ritel-ritel BUMN semua sudah siap dan sudah ada. Seperti di bank-bank pemerintah ada, terus kalau seandainya beras ini ditimbun atau dihambat peredarannya, sebenarnya gak mungkin bisnis beras maka saya akan turunkan beras di kantor-kantor pemerintah, di antaranya Polsek, Koramil, Kodim, Polres, Kecamatan, semua didrop beras kemasan dan harga sudah kita patok. Jadi kantor itu hanya menyalurkan saja,” ujar Direktur utama Perum Bulog Budi Waseso di Jakarta, Selasa malam (8/5/2018).

Sementara untuk beras yang disalurkan tersebut Buwas masih belum bisa merincinya. Dia hanya mengatakan bahwa beras yang disalurkan bisa lebih rendah dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang saat ini telah dipatok oleh pemerintah.

“Kita lihat saja nanti yang jelas aturan bisa diubah, yang penting untungkan mas, jadi Undang-Undang bisa diubah kecuali Kitab Suci,” tutur pria yang akrab disapa Buwas itu.

Buwas menambahkan akan menyediakan beras kemasan 5-10 kilogram (kg) kepada masyarakat dengan sistem barcode. Dia juga bakal menyediakan beras kemasan kecil untuk masyarakat yang dinamakan beras renceng.

“Kemasan itu 5-10 kg dan itu ada sistem pengontrolan dengan sistem barcode. Kemudian saya ingin ke depannya secepatnya istilah saya ada beras renceng, itu hanya kemasan 200 gram yang harganya relatif murah, tapi terjamin kualitasnya dan itu nanti ada di warung-warung rokok, di warung kecil ada,” kata dia.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close