Tak Berkategori

Cate Blanchett Duduki Posisi Ketua Dewan Juri Festival Film Cannes 2018

LONDON, SENAYANPOST.com – Aktris berkebangsaan Australia, Catherine Elise Blanchett (48), yang dikenal dengan Cate Blanchett, terpilih menjadi ketua Dewan Juri Festival Film Cannes.

Blanchett menggantikan sutradara film Spanyol, Pedro Almodovar, di Palais des Festivals et des Congres, Cannes, Prancis, 8 hingga 19 Mei mendatang.

Blanchett mulai berkarier di dunia film sejak 1997 dalam film Parklands dan pada Oscar and Lucinda yang berpesan sebagai Lucinda Leplastrier diunggulkan sebagai artis pendatang dalam Australia Film Institute dan baru pada film Thank God He meet Lizzie, Blanchett berhasil terpilih sebagai aktris pendukung terbaik.

Seperti dikutip Antara, Minggu (6/5/2018), Benicio Del Toro terpilih sebagai presiden juri untuk penghargaan Un Certain Regards menggantikan Uma Thurman dalam memimpin juri, sebagaimana keterangan panitia penyelenggara Festival Film Cannes 2018.

Para aktor dan artis dari seluruh dunia akan berdatangan dalam akhir pekan untuk menghadiri festival film paling bergensi yang sudah berlangsung untuk ke-71 kalinya dan pastinya mempersiapkan diri untuk berjalan di karpet merah, di Palais des Festival et des Congres, sebagai penghargaan bergengsi dalam dunia sinematografi.

Blanchett yang merasa mendapat kehormatan menjadi ketua dewan juri itu terus menanjak pada 1998, saat dia meraih Penghargaan Golden Globe sebagai artis terbaik untuk film Elizabeth. Pada tahun berikutnya ia mendapat penghargaan BAFTA untuk film yang sama sebagai aktris terbaik.

Karir Blanchett terus menanjak dimana ia meraih penghargaan Goldene Kamera atau German Award sebagai aktris terbaik. Sedangkan dalam The Lord of the Ring: The Return of the King, dia tercatat sebagai pemeran terbaik dan pada penyelenggaraan Academy Award 2005 iapun keluar sebagai aktris pendukung terbaik untuk film The Aviator.

Dalam Festival Film Cannes di Prancis yang bisa disetarakan dengan Piala Oscar, menjadi ajang para sutradara dan insan perfilman serta bintang film dari seluruh dunia.

Tidak ada gelaran penghargaan film internasional dengan keragaman genre film paling beraneka selain Festival Film Cannes, dengan simbol puncak supremasinya berupa Palm d’Or. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close