Nasional

Calon Ibu Kota Baru Rusuh, Rencana Jalan Terus

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Pemerintah tetap akan fokus pada pemindahan ibu kota baru meskipun ada konflik yang membuat ratusan keluarga mengungsi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Sejauh ini pokoknya untuk ibu kota kita jalan terus,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Bambang menganggap konflik di wilayah calon ibu kota baru itu hanya perkelahian antarremaja yang berujung pada ketidakpuasan.

Kepala Bappenas itu yakin, penegakan hukum yang lebih tegas akan membuat konflik terkendali.

“Kalau penegakan hukum lebih tegas, informasi pada masyarakat lebih jelas, harusnya hal seperti kemarin bisa dihindarkan,” kata Bambang.

“Jadi bagi kita, kita jalan terus (pemindahan ibu kota),” tambah Bambang.

Lebih lanjut, Bambang memastikan pemerintah akan lebih memperhatikan budaya warga setempat di wilayah calon ibu kota.

Sebelumnya, sebanyak 366 kepala keluarga di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih mengungsi usai kerusuhan di Pelabuhan Penyeberangan Penajam pada Rabu (16/10).

Aksi sekelompok orang di pelabuhan itu menuntut denda adat kepada pelaku penikaman dalam perkelahian kelompok pemuda, hingga berujung empat rusuh dengan adanya pembakaran. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close