Kriminal

Calon Dieliminasi, Kantor KPU dan Panwas Mamberamo Tengah Dibakar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, dibakar massa, Rabu (18/4/2018).

Peristiwa pembakaran ini diduga dipicu kekecewaan massa gara-gara salah satu pasangan calon dieliminasi.

Massa yang terlibat dalam peristiwa itu diperkirakan mencapai 600 orang. Sejauh ini belum diketahui secara pasti dari kelompok mana mereka berasal.

Namun massa lebih dulu berkumpul di satu lokasi sebelum aksi pembakaran itu dilakukan.

Massa salah satu kandidat yang dieliminasi oleh KPU itu awalnya menggelar persiapan orasi di sekitar kolam pemancingan milik Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah.

“Secara spontan massa yang berkonsentrasi membakar kantin Kantor Bupati,” kata juru bicara Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, di Papua.

Selanjutnya massa menuju kantor KPU dan Panwas setempat dan membakar kedua gedung itu. Polisi yang menjaga gedung itu sudah berupaya mencegah aksi anarkis massa namun mereka tak berdaya karena kalah jumlah.

Setelah membakar kantor KPU dan Panwaslu, massa lalu meninggalkan lokasi. Polisi mengklaim bahwa situasi sekarang sudah terkendali.

Menurut Kamal, aparatnya terus bernegoisasi dengan massa agar tidak berkonsentrasi lagi serta tidak melakukan tindakan anarkis.

“Langkah persuasif tetap kami kedepankan untuk meredakan situasi,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close