Cak Nun: Rizieq Shihab Bukan Habib, tapi...

Cak Nun: Rizieq Shihab Bukan Habib, tapi...
Cak Nun

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun pernah menjelaskan pendapatnya soal Habib Rizieq Shihab. 

Cak Nun bilang, pimpinan FPI itu kurang tepat disebut Habib.

Dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Youtube Qahar Quotes, pada Kamis (12/11) kemarin, Cak Nun mengungkap istilah gelar yang dianggap pantas untuk disandang oleh orang nomor satu di FPI itu.

"Padahal yang mimpin 212 dan 411, siapa? Habib Rizieq, padahal dia itu bukan habib, dia itu 'Syarif' Rizieq," kata Si Kiai Mbeling itu dalam video yang dikutip pada Minggu (15/11/2020).

Dia menjelaskan alasan sebutan syarif lebih cocok dikenakan pada Rizieq Shihab. Menurut Cak Nun, gelar syarif ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keturunan dari Sayyidina Husein. 

Sementara bagi mereka yang memiliki keturunan dari Sayyidina Hasan bin Ali, gelar yang disandang adalah Sayyid. 
"Nah saya kalo manggil Rizieq itu 'Rif, Syarif gitu'. Memang dia seorang Syarif," ujar Cak Nun.

Cak Nun mengatakan sebutan habib tidak ada hubungannya dengan dzurriyatul Rasul atau keturunan nabi.

"Habib dari jazirah Arab itu adalah orang-orang dari Yaman dan negara-negara pinggiran yang datang ke Mekkkah atau Madinah untuk mencari Rasulullah. Mereka sangat kagum dan sangat mencintai Rasulullah sehingga disebut Habib, seorang yang cinta kepada Rasulullah. Nah, habib itu yang dari sana," ujarnya.