Politik

Cak Imin Maju Cawapres Karena Kecewa dengan JK

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku salah satu niatnya maju ke bursa cawapres karena kekecewaannya terhadap Jusuf Kalla (JK).

Dalam orasi politik di depan peserta Kongres Ulama Nusantara di Pondok Pesantren Al Munawwir, Krapyak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (1/4/2018), Cak Imin menegaskan, pada pilpres 2014 lalu, PKB mendukung sepenuhnya Jokowi yang berpasangan dengan JK.

“Pak Jusuf Kalla saat itu adalah salah satu mustasyar PBNU,” katanya.

Namun, lanjutnya, setelah terpilih sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden Jokowi, JK dianggap tidak memberikan kontribusi yang sesuai dengan harapan nahdliyyin khususnya pada nilai-nilai perjuangan NU.

Salah satu contoh, jelasnya,  seharusnya sebagai mustasyar JK menolak kebijakan sekolah sehari penuh (full day school) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meski saat itu presiden memberikan persetujuan.

“Sebagai warga NU,  JK seharusnya bersikap tegas dengan menolak kebijakan itu karena akan berdampak pada sistem pendidikan pesatren yang merupakan basis warga Nahdhliyin,” jelasnya.

Cak Imin juga menyatakan alasan kuat lainnya adalah kurangan perhatian dari pemerintah maupun negara dalam peningkatan mutu serta daya saing keluarga besar pesantren dan ulama.

Pada kesempatan itu, Cak Imin menegaskan, kalangan NU sudah pada ketetapan, siapapun presidennya, yang mendapingi harus kader NU. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close