Cabuli Anak Tiri, Ibu Korban Lapor Polisi

Cabuli Anak Tiri, Ibu Korban Lapor Polisi
Ilustrasi

LAMPUNG, SENAYANPOST.com - Seorang ayah sudah seharusnya melindungi anaknya. Namun, ayah yang satu ini tidak bisa dibuat contoh karena kelakuannya yang berakhir masuk bui karena mencabuli anaknya tirinya --sebut saja namanya Bunga.

Bunga dijadikan pemuas nafsu birahi ayah tirinya sejak masih duduk dibangku kelas 3 SD sampai kelas 2 SLTP. Karena sudah tidak tahan dengan perlakuan ayah tirinya, akhirnya Bunga menceritakan peristiwa yang dialaminya itu kepada ibu kandungnya.

"Pelaku ayah tirinya berinisial YP alias Yudas (55)," ujar Kapolsek Punggur, Iptu Amsar, S.Sos., mewakili Kapolres Lampung Tengah, AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.Ik, SH., Jumat (13/11/2020).

Iptu Amsar mengatakan, pelaku YP warga Kampung Untoro Dusun II Rt 011 Rw 005 Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, ditangkap pada Kamis, 12 November 2020, berdasarkan laporan ibu kandung Bunga ke polisi. Dalam pemeriksaan, ibu korban menyampaikan kejadian yang dialami oleh anaknya.

Awalnya, Bunga bercerita dengan ibunya tentang kelakuan ayahnya. Setelah mendengar apa yang terjadi pada anaknya, sontak sang ibu terkejut dan marah. Tak terima atas perbuatan bejat suaminya, seketika itu juga ibu korban mengusir pelaku dari rumahnya.

"Setelah sekitar satu minggu pelaku pergi, ibu korban bersama Bunga melaporkan kejadian tersebut Ke Polsek Punggur dengan membawa barang bukti pakaian korban," jelasnya.

Menurut ibu korban, kejadian itu dilakukan oleh ayah tiri korban saat ini sedang bekerja, berangkat pagi, pulang sore hari.

"Saya pikir bisa melindungi putri saya di rumah karena masih kecil, karena itu suami saya, ya percaya saja. Namun, kejadiannya malah lain. Maka saya serahkan ke jalur hukum yang berlaku," kata ibu korban saat memberikan keterangan di Polsek Punggur.

Atas laporan ibu korban, polisi menciduk pelaku saat berada di rumah anaknya kandungnya di Kampung Untoro, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah.

Saat di introgasi polisi, pelaku YP alias Yudas mengakui telah melakukan cabul terhadap Bunga di rumah istrinya di seputaran Kecamatan Kotagajah, Lampung Tengah.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 81 dan 82 ayat (1) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016.

Peraturan Pemerintah tersebut tentang perubahan kedua atas UU RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi UU Jo pasal 76e UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman lima belas tahun penjara. (*)