Nasional

Buya Syafii Sebut Habibie Manusia Tersulit di Muka Bumi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif juga menyampaikan duka mendalam atas kepergian Presiden ketiga RI, BJ Habibie, Rabu (11/9/2019).

“Kita semua berduka, seorang putera terbaik Indonesia telah wafat sekitar jam 18.03 hari ini. Inna lillahi wa inna ilahi raji’un,” tutur Buya seperti dalam rilisnya yang dikutip, Kamis (12/9/2019).

Buya mempunyai kenangan tersendiri soal Habibie. Pernah suatu ketika, Habibie bercerita kepadanya tentang sosok Hasri Ainun (Ainun Habibie) yang telah duluan berpulang.

“Bu Ainun pernah mengatakan bahwa Pak Habibie adalah manusia tersulit di muka bumi. Tetapi sekiranya saya mati dan sempat hidup kembali, saya akan mencari Habibie lagi,” kenangnya menirukan ucapan Habibie waktu itu.

Menurut Buya, ungkapan tersebut mempunyai makna dalam bagi Habibie dan tidak bisa dilupakan.

“Selamat jalan Pak Habibie, kami semua menunggu giliran,” pungkas dia.

Sebagaimana diberitakan, Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18.05 WIB.

Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie mengatakan sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Sebelum meninggal, perkembangan kondisi kesehatan Habibie memang menurun belakangan ini. Perkembangan kondisi kesehatannya bahkan terus dipantau oleh 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan.

Beragam dari ahli jantung hingga otak. Tahun 2018 lalu, kondisi Habibie juga menurun karena kelelahan setelah melakukan kegiatan di berbagai kota di Indonesia.

Pada tahun yang sama, ia juga pernah dirawat di Jerman karena mengalami kebocoran klep jantung.

Akibat kebocoran tersebut, terjadi penumpukan air di paru-parunya hingga 1,5 liter, sehingga Habibie kesulitan untuk bernafas.

Saat itu tekanan darahnya juga meningkat sampai 180 ke atas. Bahkan Presiden Joko Widodo sempat mengutus tim dokter kepresidenan ke Jeman guna memantau kesehatan Habibie.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close