Lintas Daerah

Bus Angkutan Mudik di Pelabuhan Bakauheni Masih Kurang

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Bus untuk angkutan mudik Lebaran 2018, terutama pada H-2 di pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Lampung, masih kurang apabila terjadi lonjakan penumpang.

“Kami menyiapkan 90 bus angkutan ditambah 56 bus tambahan. Pada H-2 Lebaran masih kurang untuk mengangkut penumpang,” ujar Ketua DPC Khusus Organda Pelabuhan Bakauheni, Ivan Rizal, di Bakauheni, Lampung Selatan, Senin (11/6/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 90 bus angkutan ditambah 56 bus tambahan, terdiri atas 20 unit dari Dishub dan 20 unit bus tambahan Organda dan 16 bus yang menuju wilayah Unit Dua melalui lintas timur.

Dikatakannya, pada dua hari sebelum lebaran tahun lalu jumlah penumpang mencapai 31.000 orang. Sementara kapasitas penumpang bus antara 40 hingga 50 orang. Lonjakan penumpang itu diperkirakan tak terangkut angkutan mudik, kendati mereka juga menggunakan angkutan lain seperti travel dan angkutan umum lainnya.

Untuk melayani penumpang, saat ini terdapat sekitar 200 travel yang beroperasi di Pelabuhan Bakauheni. Jumlah itu juga dirasa masih kurang jika terjadi lonjakan penumpang terutama yang datang dari Pulau Jawa.

Dengan jumlah armada yang ada, jumlah penumpang yang dapat diangkut bus pada puncak arus mudik H-2 sebanyak 21.000 penumpang bus dan sekitar 4.000 orang penumpang travel. Artinya, bila melihat jumlah penumpang pada puncak mudik yang diperkirakan mencapai 31.000 orang, maka dengan kapasitas angkutan lebaran tersebut masih kurang.

Untuk mengatasi penumpukan penumpang pada puncak arus mudik, pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti PT ASDP, pengelola kapal, petugas, dan lain-lain. Selain itu, tempat parkir angkutan lebaran juga harus terpisah, terbagi dalam sistem zonasi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close