Hukum

Buron Dua Tahun, Eks Bos Lippo Grup Serahkan Diri ke KPK

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Setelah diultimatum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu,  Eddy Sindoro akhirnya menyerahkan diri ke lembaga antirasuah itu.

Ketua  KPK Agus Raharjo membenarkan, mantan bos Lippo Grup itu telah menyerahkan diri setelah melarikan diri ke luar negeri selama dua tahun.

“Tersangka ES telah menyerahkan diri ke KPK,” kata Agus saat di konfirmasi, Jumat (12/10/2018).

Agus menjelaskan dalam proses ini KPK di bantu sejumlah instansi seperti Kedutaan Besar, Polri dan Imigrasi. Serta informasi dari masyarakat yang disampaikan pada KPK.

BACA JUGA: Eks Petinggi Lippo Group Eddy Sindoro Diultimatum KPK Serahkan Diri

“Proses pengembalian ini juga dibantu oleh otoritas Singapura,” jelas Agus.

Namun, Agus belum bersedia menjelaskan lebih detail terkait kasus Eddy Sindoro.

Sebelumnya KPK menetapkan Eddy Sindoro sebagai tersangka suap mantan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Edy Nasution pada akhir tahun 2016, dalam sejumlah perkara yang berkaitan dengan Lippo Group.

Namun Eddy Sindoro lebih dulu melarikan diri ke luar negeri sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Eddy sendiri sempat akan dideportasi ke Indonesia oleh pemerintah Malaysia. Namun dihalangi oleh advokat bernama Lucas. Lucas kini ditetapkan sebagai tersangka merintangi proses hukum oleh KPK lantaran perbuatannya tersebut.

BACA JUGA: KPK Sita 40.000 Dolar Singapura dari Advokat Lucas terkait Suap Eks Bos Lippo Group

Eddy Sindoro sendiri ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga terlibat dalam kasus dugaan suap terkait pengamanan sejumlah perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close