Ekonomi

BRI Siap Kucurkan KPR dengan DP 0 Persen

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bank Indonesia (BI) telah memberikan kelonggaran besaran uang muka atau down payment (DP) diserahkan ke perbankan. Mengikut aturan itu, bank plat merah BRI menyatakan siap melaksanakan loan to value (LTV) 100% atau tanpa uang muka.

Namun hal ini tentunya setelah perbankan mengetahui sejumlah risiko yang dimiliki nasabah.

“Semakin tahu profil customer-nya, makin mudah bank memberikan kasih LTV 100% ke nasabahnya,” kata Direktur Konsumer BRI Handayani di Jakarta, Kamis (12/7).

Namun demikian, lanjut dia, perseroan akan tetap selektif memilih pengembang atau developer. Hal ini juga untuk melindungi nasabah dari hal yang tidak diinginkan.

“Developer-nya juga harus memiliki kinerja yang baik, agar pembeli kita terlindungi,” katanya.

Handayani pun memastikan, pelonggaran LTV tidak akan membuat angka kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) perbankan membengkak. Sebab hingga Juni 2018, NPL KPR BRI tercatat hanya sebesar 2,7%, angka tersebut masih di bawah rata-rata NPL industri perbankan yang sebesar 2,8%.

“Kalau kami longgarkan LTV nantinya akan berikan relaksasi kebutuhan pembiayaan rumah, namun satu sisi ada konsekuensi terhadap NPL. Namun nyatanya NPL-nya lebih baik. Bahkan kami di bawah industri,” ujarnya.

Pertumbuhan kredit KPR BRI dalam lima tahun terakhir sebesar 19,9%. Sedangkan hingga akhir Juni 2018 tercatat outstanding segmen KPR BRI telah mencapai Rp24,2 triliun atau tumbuh sebesar 9,02% dari tahun lalu yang hanya sebesar Rp22,5 triliun.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close