Nasional

BPKH Targetkan Return Rp 6,1 T dari Rp 105 T Dana Kelolaan Haji

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Koordinator Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu, mengatakan, dari dana kelolaan haji senilai Rp105 triliun per April 2018, tahun ini pihaknya optimistis bisa menghasilkan dana sekitar Rp 6,1 triliun atau dengan persentase imbal hasil sekitar 6-7%. Return keuangan haji ditargetkan akan terus meningkat setiap tahunnya.

“Target kami pada 2022, return dari keuangan haji bisa untuk membiayai operasional jemaah tersebut. Beda dengan sekarang, dana semua jemaah haji untuk membiayai operasional tiap tahun. Nanti itu tidak boleh lagi,” ungkap Anggito usai pembukaan pertemuan pengelolaa keuangan haji di Bandung, Minggu (20/5/2018).

Walaupun mendapat return Rp6,1 triliun, namun dana itu belum bisa kembali kepada jemaah. Dana itu akan dipakai untuk menyubsidi operaisonal haji yang mencapai Rp13 triliun. Setiap tahun, dana haji yang masuk sekitar Rp10 triliun dengan asumsi ada 50.000 pendaftar.

Sementara itu, Wakil Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISAI) Farida Titik mengaku, kendati dana haji dikelola dan menghasilkan manfaat, dia berharap BPKH tetap menekankan evisiensi.

“Yang paling dikedepankan adalah evisiensi. Karena ini untuk ibadah, sehingga jangan sampai bertentangan dengan syariah,” kata dia singkat.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close