Nasional

BPK: Terjadi Peningkatan Kualitas Opini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Anggota II Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono mengungkapkan berdasarkan pemeriksaan terhadap 88 laporan keuangan yang terdiri dari 87 Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) dan 1 LK Bendahara Umum Negara (LKBUN), terdapat tren peningkatan kualitas opini.

“BPK memberikan opini WTP terhadap 80 LKKL dan LKBUN sebanyak 91 persen yang meningkat dibandingkan Tahun 2016 sebanyak 74 LKKL atau 84 persen,” kata Agus, di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Agus melanjutkan, BPK telah menyampaikan temuan-temuan pemeriksaan atas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Atas temuan-temuan tersebut, lanjut dia, BPK memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk perbaikan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban APBN tahun mendatang.

Adapun rekomendasi tersebut yakni, memperbaiki sistem informasi laporan keuangan dan piutang perpajakan; menetapkan kebijakan penyelesaian kelebihan/kekurangan pendapatan dari hasil penjualan minyak solar dan premium; serta membuat skema kebijakan yang tepat dalam penyelesaian kewajiban BPJS kepada pihak Rumah Sakit dan peserta.

“BPK juga meminta seluruh menteri atau pimpinan lembaga meningkatkan pengendalian dalam pengelolaan PNBP, Belanja, Persediaan, Aset Tetap, dan Utang pada kementerian atau lembaga, serta bersama DPR mengatur mekanisme pertanggungjawaban atas penambahan anggaran pagu APBN subsidi di luar parameter yang ditetapkan,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close