Lintas Daerah

BPBD Sleman Pulangkan Pengungsi

YOGYAKARTA, SENAYANPOTS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (28/5/2018) pagi memulangkan pengungsi dari Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Sleman, Makwan mengatakan, mereka yang dipulangkan itu berjumlah 40 orang.

“Mereka ini terdiri dari 28 lansia, 9 orang dewasa, dua anak anak dan satu balita,” katanya.

Ia menambahkan masih ada tiga lansia yang belum diizinkan pulang karena masih dalam perawatan medis di RS PKU Muhammadiyah Cangkringan.

“Pemulangan ini karena meski status Gunung Merapi masih Waspada atau level II, namun aktivitas gunung tersebut tidak membahayakan bagi warga,” katanya.

BACA JUGA: 55 Warga Lereng Merapi Bertahan di Pengungsian

Makwan menambahkan, dalam status Waspada itu, BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) melarang aktivitas manusia di radius 3 kilometer dari puncak. Sedangkan kawasan pemukiman warga Kalitengah Lor – pemukiman paling tinggi di Sleman – berada pada radius lebih dari 5 kilometer.

Dikatakan, sebelum pemulangan, warga juga sudah mendapat pesan dari mBah Rono (Surono – mantan Kepala PVMBG (Pusat Vulkanologi danMitigasi Bencana Geologi) Kementerian ESDM.

Dalam pesannya yang disampaikan kepada warga, mBah Rono mengatakan warga yang mengungsi disarankan pulang, meski harus tertap waspada.

“Sing podho ngungsi oleh mulih, tur tetep sak wayah-wayah eling lan Waspada Merapi “ yang artinya, yang mengungsi dibolehkan pulang, namun sepanjang waktu harus tetap ingat dan waspada Merapi.  (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close