Lintas Daerah

BPBD Provinsi Maluku Utara: Akibat Gempa 3 Tewas, Warga Mengungsi di 9 Lokasi

HALMAHERA, SENAYANPOST.com – Sekretaris BPBD Provinsi Maluku Utara, Ali Yau, mengatakan pasca gempa maluku Magnitudo 7,2 yang melanda Pulau Halmahera, dilaporkan tiga orang meninggal dunia.

Ketiganya yakni Aisyah asal Desa Gane Luar, Aswar asal Gane Dalam dan Halimah dari Desa Papaceda. Sedangkan korban luka lainnya masih terus didata oleh Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) setempat.

Ali Yau mengatakan lokasi pengungsian warga tersebar pada 9 titik yang rata-rata terletak di dataran tinggi yakni daratan Gane Barat.

“Tim BPBD terus menyisir lokasi bencana gempa. Saat ini sedang menuju Saketa melalui jalur darat Sofifi, Tidore Kepulauan. Sejumlah desa yang mengalami kerusakan diantaranya daratan Gane dan Pulau Bacan, terdapat 100 lebih rumah yang rusak dan rata dengan tanah. Data lainnya masih dikumpulkan,” kata Ali, Minggu malam (14/7/2019)

BPBD setempat mengklaim sampai saat ini warga masih bertahan di lokasi pengungsian. Apalagi banyak isu yang masih tersebar akan terjadinya tsunami.

Informasi yang diterima BPBD dan Dinas Kesehatan Halmahera Selatan menyebutkan 90 persen kerusakan terjadi pasca gempa Maluku, di antaranya di Desa Ranga Ranga, Dolik 7 rumah, Matuting, Bisui, Pasipalele, Gane Luar, Gane Dalam, Yomen, dan Jibubu. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close