Lintas Daerah

BPBD DIY Terima 6000 RDT dan 5000 APD

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana, Sabtu (28/3/2020) mengatakan, saat ini DIY telah menerima 6.000 RDT (rapid diagnose test), 1000 APD (alat pelindung diri).

“Hari in i juga ada tambahan 4000 APD,” katanya.

Tambahan bantuan ini, jelasnya, dikirim melalui darat, oleh Gugus Tugas Jakarta (Bahubda DIY). Penggunaan RDT test kit, katanya lagi, tersebut diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang merawat PDP, serta kerabat dan warga yang secara intens melakukan kontak dengan PDP.

Sedangkan APD akan dibagikan kepada masing-masing rumah sakit rujukan menyesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas yang diidentifikasi oleh Dinas Kesehatan DIY. Stok APD masih cukup sampai minggu ini.

Sementara persediaan sarana medis yang menipis adalah sarung tangan panjang dan masker N95.

Pada kesempatan itu Biwara mengatakan, menindak lanjuti arahan Gubernur DIY mengenai karantina bagi pendatang atau pemudik yang memasuki wilayah DIY, Dinas Perhubungan DIY langsung melakukan langkah strategis di lapangan.

Sementara terkait kasus Covid-19, Biwara menjelaskan hingga saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di sejumlah rumah sakit di DIY mencapai 19 orang, tiga orang diantaranya meninggal dunia dan seorang dapat disembuhkan.

“Swab sudah dilakukan terhadap 154 orang, hasilnya 40 negatif, 19 positif dan 95 masih menunggu proses laborarotium,” katanya.

Ia menambahkan dari 95 yang masih menunggu hasil ini, empat orang meninggal dunia. (AS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close