Selebriti

Boyband BTS Sumbang Rp14 M untuk Black Lives Matter

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dukungan terhadap gerakan Black Lives Matter dengan memberikan sumbangan terus mengalir dari kalangan selebritis dunia.

Kali ini, boyband Korea Selatan Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan sebutan BTS memberikan sumbangan senilai US$1 juta atau setara dengan sekitar Rp14 miliar (US$1=Rp14.011) kepada organisasi tersebut.

Seperti diberitakan Variety, donasi itu disebut telah ditransfer pada awal pekan ini. Baik BTS maupun agensinya, Big Hit Entertainment, tidak memberikan tanggapan secara langsung perihal sumbangan tersebut.

Namun Managing Director Black Lives Matter, Kailee Scales mengonfirmasi hal itu.

“Masyarakat kulit hitam di seluruh dunia berada dalam derita pada saat ini dari trauma penindasan selama berabad-abad. Kami tergerak oleh kedermawanan dari BTS dan seluruh pendukung di seluruh dunia yang berdiri dalam solidaritas perjuangan kehidupan masyarakat kulit hitam,” kata Scales.

Bangtan Boys alias BTS sebelumnya menyatakan dukungan untuk melawan ketidakadilan rasialisme lewat sebuah pernyataan di akun Twitter mereka, Kamis (4/6).

“Kami menentang diskriminasi ras. Kami mengutuk kekerasan. Anda, saya dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kami akan berdiri bersama. #BlackLivesMatter,” tulis BTS.

BTS menambah deretan pesohor Korea Selatan yang menyatakan dukungan pada gerakan Black Lives Matter, yang digaungkan kembali setelah kematian George Floyd karena tewas dibunuh polisi AS.

Sebelumnya, musisi seperti Jay Park, CL eks ‘2NE1,’ Mark ‘GOT7,’ Eric Nam juga telah menyatakan dukungan dan berdonasi.

Donasi dari BTS ini menambah panjang bantuan yang diberikan untuk gerakan tersebut. Sebelumnya konglomerat Sir Leonard Blavatnik yang ikut memiliki Warner Music Group juga Sony Music telah menjanjikan US$100 juta untuk penegakan keadilan sosial.

Pada Senin (1/6), musisi The Weeknd mengungkapkan dirinya telah menyumbang US$500 ribu untuk aksi penegakan keadilan rasial dan mengajak penggemarnya juga ikut berderma.

Selain itu, perusahaan pimpinan sutradara JJ Abrams, Bad Robot Production, mengumumkan donasi US$10 juta atau setara Rp142,3 miliar untuk sejumlah organisasi dengan agenda anti-rasial.

“Kami di Bad Robot sangat bersyukur karena banyak pelajar, aktivis, organisasi, dan pemimpin yang berjuang di garda depan untuk perubahan dalam negara yang tak adil secara sistematis ini. #blacklivesmatter,” tulis Bad Robot melalui akun Instagram resmi mereka.

Di akhir pernyataan tersebut, Bad Robot menuliskan, “Kami mengumumkan investasi US$200 ribu untuk masing-masing organisasi berikut: Black Futures Lab, Black Lives Matter, Community Coalition, Equal Justice Initiative, dan Know Your Rights Camp.” (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close